-->

Sejarah Pendirian UBP Karawang | Universitas Buana Perjuangan Karawang | kacamataku

Sejarah Universitas Buana Perjuangan Karawang
     Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP) telah memberikan pengabdiannya dengan menyerahkan UNSIKA kepada negara untuk dibina menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai Peraturan Presiden RI No. 123 Tanggal 6 Oktober 2014. Sistem penyelenggaraan pendidikan PTN dinilai tidak dapat menampung seluruh potensi yang dibutuhkan oleh masyarakat Karwang. YPPTPP kemudian berinisiatif mengajukan pendirian perguruan tinggi baru yaitu Universitas Buana Perjuangan Karwang dengan membentuk Tim Penyusun Perguruan Tinggi Baru melalui SK Yayasan No. 149/SK/A/YPPTPP/IX/2014 Tentang Pembentukan Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Swasta Karawang. Tim yang terdiri atas 10 orang menyusun proposal dan melengkapi persyaratan pendirian perguruan tinggi baru dalam waktu yang relatif singkat. Pejabat Rektor yang ditunjuk adalah Dr. H. Dedi Mulyadi, SE, MM dengan SK Yayasan No. 141/SK/A/YPPTPP/IX/2014 tANGGAL 18 September 2014 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang. Petunjuk dan mekanisme pengusulan perguruan tinggi baru diikuti oleh Tim sampai pada proses pengesahan oleh Kementrian pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Kelembagaan Dikti dengan terbitnya SK Kemendikbud RI No. 611/E/O/2014 Tanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin Pendirian Universitas Buana Perjuangan Karawang. Program studi yang diselenggarakan adalah 10 program studi yaitu:

1. Manajemen - S1
2. Akuntansi - S1
3. Psikologi - S1
4. Ilmu Hukum - S1
5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
6. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
7. Farmasi - S1
8. Teknik Industri - S1
9. Teknik Informatika - S1
10. Sistem Informasi - S1

     Setelah terbitnya SK Pendirian tersebut, dilakukan penandatangan prasasti peresmian operasional Perguruan Tinggi Swasta oleh Direktur Kelembagaan dan Kerjasama dikti Prof. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE, Ph.D. Tanggal 9 Desember 2014 disaksikan oleh Pengurus YPPTPP dan Rektor UBP Karawang. Sosialisasi hadirnya universitas baru dilakukan YPPTPP pada peresmian operasional UBP Karawang dipimpin oleh Pembina YPPTPP. Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2015 dengan mengundang Pemda Karawang, Kepala Sekolah SLTA, Pimpinan Perguruan Tinggi di Karawang , dan tokoh masyarakat Karawang.
     Melihat antusias masyarakat Karawang untuk mendapatkan layanan pendidikan tinggi, maka UBP Karawang mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru mulai bulan Februari 2015 untuk gelombang 1. Pengangkatan dosen tetap dan pegawai tetap tahap awal dilakukan oleh YPPTPP mulai bulan April 2015. Pengangkatan tersebut untuk memenuhi layanan akademik pada beberapa jabatan pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua program studi dan administrasi. Selanjutnya struktur yang telah ada merencanakan strategi untuk melengkapi dokumen perguruan tinggi dan rekrutmen sumber daya manusia. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memenuhi peraturan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan dilakukan pengurusan kode kode perguruan tinggi pada laman forlap dikti dan akreditasi institusi BAN-PT. Kode Perguruan Tinggi UBP Karawang resmi muncul pada laman forlap dikti pada tanggal 6 Mei 2015 dengan kode 041062. Akreditasi institusi diajukakan kepada BAN-PT pada tanggal 8 Mei 2015 dengan kelengkapan borang akreditasi institusi sampai tahun 2019. Sedangkan pengajuan akreditas program studi dilakukan setelah berjalan pendidikan selama 2 tahun. UBP Karawang memulai perkuliahan perdananya pada bulan September 2015.

0 Response to "Sejarah Pendirian UBP Karawang | Universitas Buana Perjuangan Karawang | kacamataku"

Post a Comment

Iklas Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengan Artikel 2

Iklan Bawah Artikel